PENGARUHCURRENT RATIO,INVENTORY TURNOVER,DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ONEQUITY RATIO TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN KOSMETIK DAN PERUSAHAAN RUMAH TANGGA DI BURSA EFEK PERIODE 2014-2019

Authors

  • Yuliyaningsih Yuliyaningsih Program Studi Akuntansi Universitas Al-Azhar Medan
  • Hotmal Ja’far Program Studi Akuntansi Universitas Al-Azhar Medan
  • H.Syamsul Bahri Surbakti Program Studi Akuntansi Universitas Al-Azhar Medan

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh current ratio, inventory turnover, debt to equity ratio dan return on equity ratio terhadap profitabilitas pada perusahaan kosmetik dan perusahaan rumah tangga Di Bursa Efek secara simultan Indonesia Periode 2014-2019. Teori yang digunakan adalah tentang analisis rasio keuangan yang terkait dengan profitabilitas.
Pendekatan penellitian yang digunakan adalah pendekatan asosiatif dan
kuantitatif. Pendekatan asosiatif dilihat dari cara penjelasannya dan pendekatan kuantitatif dilihat dari jenis datanya. Teknik pengumpulan data adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data adalah regresi linier berganda dengan menggunakan sampel sebanyak 7 perusahaan kosmetik dan perusahaan rumah tangga dengan total sampel sebesar 41 sampel selama 6 tahun.
Hasil penelitian menjawab rumusan masalah yaitu ada pengaruh current
ratio (x1), inventory turnover (x2), debt to equity ratio (x3) dan return on equity ratio (x4) terhadap profitabilitas (y), dimana peningkatan current ratio (x1), inventory turnover (x2), debt to equity ratio (x3) dan return on equity ratio (x4) akan meningkatkan profitabilitas (y) secara simultan pada perusahaan kosmetik dan perusahaan rumah tangga di Bursa Efek secara simultan Indonesia Periode 2014- 2019. Perusahaan sub sektor kosmetik dan rumah tangga disarankan agar lebih memperhatikan perubahan pada variabel yang diteliti oleh peneliti sehingga perusahaan agar lebih baik dalam keputusan.

Author Biographies

Yuliyaningsih Yuliyaningsih, Program Studi Akuntansi Universitas Al-Azhar Medan

Program Studi Akuntansi Universitas Al-Azhar Medan

Hotmal Ja’far, Program Studi Akuntansi Universitas Al-Azhar Medan

Program Studi Akuntansi Universitas Al-Azhar Medan

H.Syamsul Bahri Surbakti, Program Studi Akuntansi Universitas Al-Azhar Medan

Program Studi Akuntansi Universitas Al-Azhar Medan

Downloads

Published

2021-02-08