Pelatihan praktik akuntansi dan membuat laporan keuangan bagi Siswa-Siswi Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Karo, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo

Authors

  • Windy Aginta Program Studi Manajemen Universitas Al-Azhar
  • Ferry Safriandi Program Studi Akuntansi Universitas Al-Azhar
  • Aria Masdiana Pasaribu Program Studi Akuntansi, Universitas Al-Azhar

DOI:

https://doi.org/10.54123/deputi.v2i2.186

Keywords:

praktik akuntansi, laporan keuangan

Abstract

Kegiatan ini dilakukan didasarkan pada siswa yang tidak memahami praktik akuntansi dan cara menyusun laporan keuangan. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa tentang praktik akuntansi dan penyusunan laporan keuangan. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan. Hasil dari kegiatan filantropi ini adalah sebelum pendidikan, hanya sekitar 40,7% dari siswa yang memiliki pengetahuan tentang praktik akuntansi dan membuat laporan keuangan, sedangkan setelah pendidikan, siswa memiliki pengetahuan tentang praktik akuntansi. disiapkan laporan keuangan. 85%. Sebagian besar peserta akan dapat memahami dan menyusun laporan keuangan mereka dengan baik. Kegiatan berjalan dengan lancar, ada respons yang sangat positif dari para peserta, dan saya sangat antusias mengikuti acara dari awal sampai akhir dan aktif membahas hal-hal yang berkaitan dengan praktik akuntansi dan penyusunan laporan keuangan

References

Angraini, D., & Hendarsyah, D. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi (Komputerisasi Kegiatan Pertanahan) Terhadap Pencatatan Penerimaan Negara Bukan Pajak Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkalis. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 3(1), 20–36. https://doi.org/10.46367/jas.v3i1.160

Eka Sariningsih, Ling Lukman, E. M. (2021). Pelatihan Praktik Akuntansi Dasar Dan Pembuatan Laporan Keuangan Bagi Siswa/I Sma Di Panti Asuhan Afifah Afwa Kemiling. Japma, 1(2), 33–39. http://www.ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/pkmakuntansi/article/viewFile/5820/3583

Herawati, H. (2019). Pentingnya Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan. Akuntansi Unihaz - JAZ, 2(1), 16–25. https://journals.unihaz.ac.id/index.php/jaz/article/view/806/480

Merlina, M., & Nuraini, A. (2020). Analisis Persepsi Dosen Akuntansi dan Mahasiswa Akuntansi Mengenai Peranan Akuntan Di Era Revolusi Industri 4.0. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4(2), 149. https://doi.org/10.36339/jaspt.v4i2.347

Rahman, Y., Noholo, S., & Santoso, I. R. (2019). Konsep Akuntansi Syariah Dalam Budaya Mahar. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 10(1), 82–101. https://doi.org/10.18202/jamal.2019.04.10005

Tegor, Juliza, Yusmalina, F. H. (2021). Penerapan standar akuntansi dan kualitas aparatur terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (Studi Kasus pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karimun). Jurnal Cafetaria, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.51742/akuntansi.v2i1.276

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Aginta, W., Safriandi, F., & Pasaribu, A. M. (2022). Pelatihan praktik akuntansi dan membuat laporan keuangan bagi Siswa-Siswi Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Karo, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo. Jurnal Derma Pengabdian Dosen Perguruan Tinggi (Jurnal DEPUTI), 2(2), 117–120. https://doi.org/10.54123/deputi.v2i2.186

Issue

Section

Articles