Pembuatan Biofungisida di Desa Hutagaol Simarmar Balige Kabupaten Tobasa

Authors

  • Nuraida Nuraida Program Studi Agroteknologi, Universitas Al Azhar
  • Dermawan Hutagaol Program Studi Agroteknologi, Universitas Al Azhar
  • Asmara Sari Nasution Program Studi Agroteknologi, Universitas Al Azhar

Keywords:

Biofungisida, Agens Hayati, Penyakit, Tanaman Padi

Abstract

Kelompok tani Hita Saroha yang berlokasi di Desa Hutagaol Peatalun Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara. Selama ini petani untuk mengendalikan penyakit pada tanaman padi, mereka terbiasa menggunakan pestisida kimia yang berakibat pada kehilangan musuh alami, sehingga populasi serangan penyakit tetap tinggi dan menimbulkan dampak negatif. Untuk menghindari terjadinya dampak negatif akibat penggunaan pestisida kimia maka di gunakan pengendalian alternatif yang ramah lingkungan yaitu pengendalian dengan Biofungisida yang memiliki potensi besar dalam pengendalian penyakit pada tanaman padi, dengan memberikanĀ  pelatihan memperbanyak agen hayati menggunakan media jagung dengan peralatan sederhana. DariĀ  kegiatan ini petani di Desa Hutagaol Peatalun mampu memproduksi biopestisida dan mengaplikasikannya pada tanaman padi mereka, jika dibandingkan dengan sebelum dilakukannya kegiatan program pengabdian ini.

References

Litbang. 2015. Pengendalian Hama Tikus Terpadu. bbpadi.litbang.pertanian.go.id

Litbang. 2016. Waspada Serangan Hama Tanaman Padi Di Musim Hujan. bbpadi.litbang.pertanian.go.id

Nuraida. 2014. Peningkatan Persistensi dan Transmisi Isolat Yang Terbaik Jamur Entomopatogen Metarhizium anisopliae Untuk Pengendalian Hama Kubis Crocidolomia pavonana Fabricius (Lepidoptera: Pyralidae). Hibah Bersaing. Dikti. 2014.

Downloads

Published

2021-09-15

How to Cite

Nuraida, N., Hutagaol, D., & Nasution, A. S. (2021). Pembuatan Biofungisida di Desa Hutagaol Simarmar Balige Kabupaten Tobasa. Jurnal Derma Pengabdian Dosen Perguruan Tinggi (Jurnal DEPUTI), 1(1), 6-9. Retrieved from http://jurnal.alazhar-university.ac.id/index.php/deputi/article/view/53