Penyuluhan pembuatan kebun bibit pohon tipikal pesisir di Desa Pasar Rawa , Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat

Authors

  • Aisyah Lubis Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Al-Azhar Medan
  • Erlita Chaniago Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Al Azhar Medan

DOI:

https://doi.org/10.54123/deputi.v3i2.288

Keywords:

masyarakat, mangrove, pembibitan

Abstract

Kegiatan ini dilakukan untuk menghasilkan kebun bibit mangrove yang menjadi acuan pengelolaan ekosistem mangrove di pesisir desa Pasar Rawa Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengedukasi melalui penyuluhan kepada masyarakat untuk memelihara kelestarian ekosistem mangrove. Metode kegiatan dilakukan dengan cara, yaitu metode diskusi dan ceramah pada kegiatan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya ekosistem mangrove dan menjelaskan cara pembuatan kebun bibit mangrove. Semua kegiatan berjalan dengan baik dan lancar yang dapat diukur dengan indikator keberhasilan kegiatan, terjadi peningkatan pemahaman pada saat dilakukan sosialisasi dan antusias serta partisipasi masyarakat pada saat acara dilaksanakan

References

Baran, E. & Hambrey, J. (1999). Mangrove Conservation and Coastal Management in Southeast Asia: What Impact on Fishery Resources? Marine Pollution Bulletin. 37(8-12): 431-440.

Bengen, D.G. (2000). Pedoman Teknis Pengenalan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove. Bogor (ID): Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan. Institut Pertanian Bogor.

Erftemeijer, P.L.A. (2020). New Zealand-Pacific Partnership on Ocean Acidification: Mangrove Planting Guidelines for Kiribati. Secretariat of the Pacific Regional Environment Programme (SPREP). Perth. 15 p.

Vatria, B. (2010). Berbagai Kegiatan Manusia yang Dapat Menyebabkan Terjadinya Degradasi Ekosistem Pantai serta Dampak yang Ditimbulkannya. Jurnal Belian. 9(1): 47-54.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Lubis, A., & Chaniago, E. (2023). Penyuluhan pembuatan kebun bibit pohon tipikal pesisir di Desa Pasar Rawa , Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat . Jurnal Derma Pengabdian Dosen Perguruan Tinggi (Jurnal DEPUTI), 3(2), 235–237. https://doi.org/10.54123/deputi.v3i2.288

Issue

Section

Articles