Pengelolaan Manajemen Keuangan Rumah Tangga

Penulis

  • Eka Umi Kalsum Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Al-Azhar Medan
  • Roswani Siregar Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Al-Azhar Medan
  • Ervina Sari Sipahutar Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Al-Azhar Medan
  • Andri Ramadhan Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Al-Azhar Medan

DOI:

https://doi.org/10.54123/deputi.v2i2.184

Kata Kunci:

manajemen keuangan, pengelolaan keuangan rumah tangga

Abstrak

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada Ibu-ibu di Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Anak (LPPA) Wanita Sejati yang berlokasi di Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Marelan. Program ini memiliki tujuan agar mitra dalam kegiatan ini memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam mengelola manajemen keuangan rumah tangga, yang disampaikan melalui metode ceramah. Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan peserta dapat memperoleh manfaat yang berupa mampu melakukan perencanaan pengeluaran keuangan rumah tangga, mampu melaksanakan manajemen keuangan rumah tangga, mampu melakukan pengawasan manajemen keuangan rumah tangga. Sasaran dan output yang akan dicapai pada kegiatan ini memberikan solusi dalam hal menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan pengelolaan manajemen keuangan rumah tangga. Hasil program pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa sebelum program ini dilaksanakan Ibu-ibu di Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Anak (LPPA) Wanita Sejati yang mampu mengelola keuangan rumah tanggannya hanya sebesar 20,7 %, sedangkan setelah pelaksanaan program ini Ibu-ibu di Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Anak (LPPA) Wanita Sejati yang memiliki kemampuan pengelolaan keuangan rumah tanggannya sebesar 80,2 %. Setelah program ini selesai dilaksanakan dapat disimpulkan tercapainya kemampuan Ibu-ibu di Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Anak (LPPA) Wanita Sejati dalam mengelola keuangan rumah tangga yang meliputi mampu merencanakan pengeluaran keuangan rumah tangga dan pelaksanaan manajemen keuangan rumah tangga, serta mampu melakukan pengawasan manajemen keuangan rumah tangga.

Referensi

Handayani, N. 2013. Cara Sederhana Mengelola Keuangan Keluarga. Jurnal Keluarga Sejahtera, 11 (22), 29 (34).

Kusumawati, D. 2011. Pengelolaan Keuangan Dalam Keluarga Dari Sudut Pandang Islam. Gema Eksos, 6 (2), 175-186.

Manullang. 1991. Pengantar Ekonomi Perusahaan. Yogyakarta : Liberty

Nikmah, Nailiya., dkk, 2018, Pelatihan pengelolaan keuangan keluarga bagi kelompok yasinan ibu-ibu komplek Rahayu Jalan Pramuka Banjarmasin, Jurnal IMPACT Vol. 1 No. 2 hal 131-137.

Pearce dan Robinson. 1997. Manajemen Stratejik. Jakarta : Binarupa Aksara

Diterbitkan

2022-07-31

Cara Mengutip

Umi Kalsum, E., Siregar, R., Sipahutar, E. S., & Ramadhan, A. (2022). Pengelolaan Manajemen Keuangan Rumah Tangga. Jurnal Derma Pengabdian Dosen Perguruan Tinggi (Jurnal DEPUTI), 2(2), 111–113. https://doi.org/10.54123/deputi.v2i2.184

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama