Pemanfaatan Hutan Mangrove sebagai habitat lebah madu hutan bakau Desa Pasar Rawa Kec. Gebang Kab. Langkat

Authors

  • Iwan Hasrizart Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Al-Azhar
  • Asmara Sari Nasution Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Al Azhar Medan
  • Ali Imran Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Al Azhar Medan

DOI:

https://doi.org/10.54123/deputi.v3i2.280

Keywords:

lebah madu, hutan, bakau

Abstract

Masyarakat desa Pasar Rawa Kec. Gebang, Kab. Langkat Provinsi Sumatera Utara. Umumnya berprofesi sebagai nelayan, dan petani. Pemulihan hutan mangrove di desa Pasar rawa Kecamatan Gebang semakin luas. Saat ini telah mencapai 1.053 hektar. Luas hutan mangrove 1.053 ha ini cukup untuk membudidayakan lebah madu hutan bakau. Pokok Permasalahannya adalah ketersedian nectar dari bunga pohon mangrove yang melimpah belum dimanfaatkan oleh masyarakat. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menumbuhkan keinginan masyarakat untuk membudiayakan lebah madu hutan bakau sebagai sumber pendapatan masyarakat. Metode yang diguanakan dalam pengabdian ini adalah ceramah dan diskusi. Hasil dan pembahasan masyarakat megerti membudidayakan lebah madu hutan bakau sebagai sumber pendapaan. Kesimpulan dengan membudidayakan lebah madu hutan mangrove ini masyarakat memiliki sumber pendapatan yang baru, terpeliharanya hutan mangrove yang sangat penting bagi kelestarian lingkungan hidup.

References

Andrean., W. Finaka., Rosi Oktari., Nur Halimah. 2023. Mangrove Indonesia yang Amat Berguna. https://indonesiabaik.id/infogra fis/mangrove-indonesia-yang-amat-ber guna

Emi Rosalinda, Wiwik, E., dan Dewi a., 2021. Teknologi Budidaya Lebah Madu Kelulut di Kawasan Mangrove.

Fankychristin. 2021. Mengenal Jenis-jenis Lebah Madu yang Dibudidayakan di Indonesia. Smartcyti.com.

Hidayatullah Muhammad. 2016., Madu Hutan Mang rove Hasil Hutan Bakau Potensial. Warta Cendana:

Muhammad Y., Yanto R., Setyo Yuwono, Arwandrija Rukmana. 2020. Tata Kelola Mangrove yang Baik: Bagaimana mewujudkannya.

Nunu Anugrah, 2021, Citra Satelitn Hutan Bakau Nasional Tahun 2021:

Reo B., Febrian., Rommy Q., dan Slamet B., Y., 2021, Pemanfaat langsung Hutan Mangrove desa Sriminosari Kabupaten Lampung Timur

Riwayati., 204. Manfaat dan Fungsi Hutan Mangrove Bagi Kehidupan. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 12 (24): 17-24.

Sapto P., Burhanuddin, Evi W., 2020. Megenal Potensi Vegetasi Mangrove Sebagai Pakan Lebah Madu di Kawasan Hutan Mangrove urya Perdana Mandiri Kelurahan Setapuk Besar Singkawang.

Sutriani K., 2018. Struktur Vegetasi Mangrove di Desa Terapungmawasang ka Sulawesi Tenggara Program Sudi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sembilanbelas November Kolaka.

Tefarani, R., Tri., N., K., & Ngabekti., S., 2019. Keanekaragaman beberapa Spesies Hutan Mangrove dan Zonasi di Wilayah Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tugu Kota Semarang.

Yualita, P., Ramadhani, Ibnu P., Chrisna A., S., 2021. Efek Perubahan Garis Pantai Mengguna kan Citra Satelit Landsat di Pesisir Kecamatan Sayung Kabupaten demak.

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Hasrizart, I., Nasution, A. S., & Imran, A. (2023). Pemanfaatan Hutan Mangrove sebagai habitat lebah madu hutan bakau Desa Pasar Rawa Kec. Gebang Kab. Langkat. Jurnal Derma Pengabdian Dosen Perguruan Tinggi (Jurnal DEPUTI), 3(2), 186–190. https://doi.org/10.54123/deputi.v3i2.280

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)