Teknologi pembuatan Kompos bagi Petani Desa Tualang Perbaungan untuk perbaikan kualitas tanah dalam budidaya padi

Authors

  • Ahmad Sofian Program Studi Agroteknologi, Universitas Al Azhar
  • Nuraida Nuraida Program Studi Agroteknologi, Universitas Al Azhar
  • iwan Hasrizart Program Studi Agroteknologi, Universitas Al Azhar

Keywords:

Bahan Organik, Kompos, Kualitas Tanah, Pupuk Kimia

Abstract

Pemerintah telah memperkenalkan berbagai teknologi budidaya padi untuk menjamin ketersediaan pangan. Sejak tahun 1970 petani desa Tualang sudah terbiasa menggunakan varietas unggul, pestisida kimia dan pupuk kimia yang didukung irigasi. Paket teknologi budidaya konvensional ini, khususnya penggunaan pupuk kimia ternyata telah menyebabkan menurunnya kualitas tanah dimana respons terhadap pemupukan menurun yang ditunjukkan dengan sulitnya produksi padi meningkat walaupun dosis pupuk sudah ditambahkan. Hal ini menunjukkan kelelahan tanah yang dicirikan utamanya oleh kandungan bahan organik tanah yang sangat rendah. Salah satu upaya perbaikan kualitas tanah ini dapat dilakukan dengan memberikan bahan organik, khususnya dalam bentuk pupuk organik. Sumber utama bahan baku pupuk organik yang tersedia adalah jerami padi. Untuk memfaatkan jerami padi menjadi pupuk organik dapat digunakan teknologi kompos. Pengenalan teknologi pembuatan kompos kepada petani dan pemanfaatannya dalam budidaya padi telah membantu petani untuk memperbaiki kualitas tanah untuk menjamin keberlanjutan produksi.

References

BPS Kabupaten Serdang Bedagai, 2013. Kecamatan Perbaungan Dalam Angka 2013.

Sofyan, A., Nurjaya dan A. Kasno. 2004. Status Hara Tanah Sawah Untuk Rekomendasi pemupukan. Dalam Tanah Sawah dan Teknologi Pengelolaannya. F. Agus et al. (Ed). Pusat Penelitian dan pengembangan Tanah dan Agroklimat.

Husnain. 2009. Kehilangan Unsur Hara Akibat Pembakaran Jerami Padi dan Potensi Pencemaran Lingkungan. Balai penelitian Tanah.

Murnita, dan Yonni A. Taher. 2021. Dampak Pupuk Organik dan Anorganik terhadap Perubahan Sifat Kimia Tanah dan Produksi Tanaman Padi (Oriza sativa L.). Menara Ilmu 15 : 67-76.

Downloads

Published

2021-09-15

How to Cite

Sofian, A., Nuraida, N., & Hasrizart , iwan. (2021). Teknologi pembuatan Kompos bagi Petani Desa Tualang Perbaungan untuk perbaikan kualitas tanah dalam budidaya padi . Jurnal Derma Pengabdian Dosen Perguruan Tinggi (Jurnal DEPUTI), 1(1), 32-35. Retrieved from http://jurnal.alazhar-university.ac.id/index.php/deputi/article/view/61