ANALISIS KEPUTUSAN INVESTASI, PENDANAAN, DAN PENGELOLAAN AKTIVA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Authors

  • Siti Meilinda Darma Universitas Al Azhar Medan
  • Aria Masdiana Pasaribu
  • Sri Puspa Dewi

Keywords:

Kinerja Keuangan (ROA), Keputusan Investasi (TAG), Pendanaan (DER), dan Pengelolaan Aktiva (TATO)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh
keputusan investasi, pendanaan, dan pengelolaan aktiva terhadap kinerja keuangan. Variabel independen yang digunakan adalah keputusan investasi, pendanaan, dan pengelolaan aktiva. Variabel dependen yang digunakan adalah kinerja keuangan.
Populasi dalam penelitian adalah perusahaan sub sektor makanan dan
minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2013-2017. Sampel yang dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling. Total 45 perusahaan ditentukan sebagai sampel. Metode analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keputusan investasi, pendanaan
dan kinerja keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Sementara itu, pengelolaan aktiva berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Hasil koefisien determinasi menunjukkan sebesar 9,7%. Hasil tersebut menandakan kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sementara 90,3 % dijelaskan oleh variabel lain.

Author Biography

Siti Meilinda Darma, Universitas Al Azhar Medan

Program Studi Akuntansi Universitas Al Azhar Medan

Downloads

Published

2021-02-08