ANALISIS KUALITAS PRODUK, HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK MINUMAN MINYUM DI OUTLET JALAN BESAR TANJUNG ANOM MEDAN

Authors

  • Syamsul Bahri Program Studi Manajemen fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan
  • Sri Nur Ningsih Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Al-Azhar Medan
  • M. Umar Maya Putra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Al-Azhar Medan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan word of mouth terhadap minat beli konsumen pada produk minuman Minyum. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk minuman Minyum berjumlah 96 sampel yang digunakan. Data yang digunakan adalah data primer. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pendekatan kuantitatif menggunakan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Kualitas Produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Y), ditunjukkan dengan nilai thitung 2,041 > ttabel 1,98609 dengan signifikansi 0,008 < 0,05. Secara parsial Harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Y), ditunjukkan dengan nilai thitung 3,009 > ttabel 1,98609 dengan signifikansi 0,006 < 0,05. Secara parsial Word of Mouth (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Y), ditunjukkan dengan nilai thitung 2,696 > ttabel 1,98609 dengan signifikansi 0,008 < 0,05. Sedangkan secara simultan baik Kualitas Produk (X1), Harga (X2) dan Word of Mouth (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli dengan nilai Fhitung 9,739 > Ftabel 2,70 dengan signifikansi 0,002 < 0,05.

References

Sirait,Pirmatua. 2017. Analisis Laporan Keuangan, Ekuilibria. Yogyakarta.

. Sujarweni, V. W iratna. 2017. Analisis Laporan Keuangan Teori, Aplikasi, Dan Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

. Kasmir. 2019. Analisis Laporan Keuangan 12th Ed. Depok: PT. Raja Grafindo Kasmir

. Sudana, I Made. 2014. Manajemen Keuangan Perusahaan. Surabaya: Penerbit Erlangga

. Dendawijaya, Lukman. 2015. Manajemen Perbankan Edisi Kedua Cetakan Ketiga Bogor: Ghalia Indonesia.

. Harmono. 2018. Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard. Bumi Aksara: Jakarta

. Halim, Hanafi. 2015. Analisi Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN..

. Harahap,Sofyan Syafri. 2016. Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

. Edi Sutrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Prenadamedia Group.

. Fahmi, Irham. 2020. Analisis Kinerja Keuangan,Edisi ke empat Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2024-08-19