Strategi peningkatan kompetensi guru dalam meningkatkan kualitas bahan ajar pada Sekolah Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Karo

Authors

  • Eka Umi Kalsum Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Al-Azhar Medan
  • Roswani Siregar Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Al-Azhar Medan
  • Andri Ramadhan Prodi Teknik Mesin, Fakultas Tekni, Universitas Al-Azhar

DOI:

https://doi.org/10.54123/deputi.v3i1.236

Keywords:

bahan ajar, kompetensi guru

Abstract

Keberhasilan dunia Pendidikan tidak terlepas dari peran serta guru sebagai tenaga pendidik yang dituntut memiliki konpetensi yang mumpuni dalam mengembangkan bahan ajar. Bahan ajar merupakan seperangkat sarana atau alat pembelajaran yang berisikan materi pembelajaran, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang didesain secara sistematis dan menarik dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu mencapai kompetensi atau subkompetensi dengan segala kompleksitasnya. Guru yang professional adalah guru yang mampu membuat bahan ajar yang inovatif dan menarik sehingga dapat memotivasi siswa dalam belajar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada Sekolah Madrasah Aliyah Negeri di kabupaten Karo Propinsi Sumatera utara dengan peserta dewan guru. Metode pelaksanaan dalam program ini meliputi pemberian ceramah mengenai strategi peningkatan kompetensi guru dalam meningkatkan kualitas bahan ajar. Adapun tujuan dari program ini adalah agar mitra mampu membuat dan meningkatkan kualitas bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

 

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogjakarta. Pustaka Pelajar.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang. Akademia Permata.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta. Diva Press.

Mansur Muslich. 2010. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik.. Jakarta. Bumi Aksara.

Siregar, Z. H., Mawardi, M., Widarma, A., & Rigitta, P. (2022). Project Based Learning di Provinsi Kepulauan Riau melalui program pejuang muda 2021 Untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. Jurnal Derma Pengabdian Dosen Perguruan Tinggi (Jurnal DEPUTI), 2(1), 36–41. https://doi.org/10.54123/deputi.v2i1.108

Siregar, Z. H., Mawardi, M., & Rigitta, P. (2021). Pengembangan dan Potensi Green Technology sebagai Energi Masa depan di Masyarakat. Jurnal Derma Pengabdian Dosen Perguruan Tinggi (Jurnal DEPUTI), 1(1), 1–5. https://doi.org/10.54123/deputi.v1i1.51

Siregar, Z. H., Puspita, R., Fazri, M., Trisilo, M., & Ikhwan, R. (2022). Pendampingan peserta Pejuang Muda 2021 dalam perencanaan pembuatan tepung mocaf di Kelurahan Tambesi-Kota Batam Kepri. Jurnal Derma Pengabdian Dosen Perguruan Tinggi (Jurnal DEPUTI), 2(2), 121–127. https://doi.org/10.54123/deputi.v2i2.187

Downloads

Published

2023-01-29

How to Cite

Umi Kalsum, E., Siregar, R., & Ramadhan, A. (2023). Strategi peningkatan kompetensi guru dalam meningkatkan kualitas bahan ajar pada Sekolah Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Karo. Jurnal Derma Pengabdian Dosen Perguruan Tinggi (Jurnal DEPUTI), 3(1), 161–163. https://doi.org/10.54123/deputi.v3i1.236

Most read articles by the same author(s)