Penggunaan media sosial dalam meningkatkan promosi dan penjualan pada UMKM pempek Pak Eko dan Leni Grosir Sumut di Marelan

Authors

  • Syamsul Bahri Surbakti Progam Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan
  • Akman Daulay Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan
  • Sri Puspa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan
  • Seniwati Sembiring Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan

DOI:

https://doi.org/10.54123/deputi.v3i2.285

Keywords:

Media Sosial, Promosi, Penjualan, UMKM

Abstract

Saat ini masyarakat sangat mudah dan senang memperoleh berbagai informasi melalui media sosial seperti WhatsApp, Facebook, instagram dll. Hal ini juga merubah kebiasaan masyarakat dalam mengenal produk serta berbelanja, mereka lebih tertarik untuk berbelanja menggunakan online. Ini merupakan kesempatan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk dapat memasarkan produk mereka dengan biaya promosi dan penjualan yang relative murah. Namun yang menjadi kendala masih banyak pelaku UMKM yang belum paham dan maksimal dalam menggunakan kesempatan ini. Tujuan pengabdian Masyarakat ini adalah melakukan sosialisasi dalam pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan promosi dan penjualan khususnya pada UMKM Pempek Pak Eko Medan dan Toko Leni Grosir Sumut. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat adalah dengan pemaparan, diskusi dan latihan. Pemaparan terkait dengan pentingnya penggunaan media sosial dalam rangka promosi dan memasarkan produk UMKM secara online. Pelaku UMKM akan di pandu dan di bantu dalam membuat akun serta toko online untuk mempromosikan dan memasarkan produk UMKM-nya. Hasil akhir yang diperoleh dari kegiatan ini adalah terciptanya toko online dari pelaku UMKM serta pemahaman dalam mengelola toko online melaui media sosial yang sudah di buat secara mandiri

References

Armstrong, Kotler 2015, “Marketing an Introducing Pretiece Hall twelfth edition”, England : Pearson Education, Inc

Dede Solihin , Ahyani , Karolina , Lidya P, Irma Sari O. 2021. Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tanggerang. Dedikasi Pkm UNPAM Vol. 2, No. 3, September 2021, Hal (307-311).

Ika S , Zamrud Falaq Q , Muhammad Q , Maulana Sukresna , Muhammad Firza T. 2021. Pemantapan Srategi Pemasaran UMKM Kepada Masyarakat Dalam Persaingan Digital Marketing di Kelurahan Cipondoh Makmur. Dibrata Jurnal Vol 2 Nomor 1, Agustus 2021. ISSN: 2776-3943

Rahmatul J, M. Wahyu W, Rudi H, Agus P. 2020. Peneraparan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact : Implementation and Action. Volume 2, Nomor 2, 2020.

Resty Avita Haryanto. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 2013;1(4). doi:10.35794/emba.1.4.2013.2923

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli - PakarKomunikasi.com. PakarKomunikasi.com. Published June 8, 2017. Accessed December 15, 2022.

Strategi Pemasaran Online Dan Offline | Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa. Untag-sby.ac.id. Published 2018. Accessed December 15, 2022.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Surbakti, S. B., Daulay, A., Puspa, S., & Sembiring, S. (2023). Penggunaan media sosial dalam meningkatkan promosi dan penjualan pada UMKM pempek Pak Eko dan Leni Grosir Sumut di Marelan. Jurnal Derma Pengabdian Dosen Perguruan Tinggi (Jurnal DEPUTI), 3(2), 213–218. https://doi.org/10.54123/deputi.v3i2.285

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)