Pendampingan Guru-Guru SMP Muhammadiyah 48 Medan dalam peningkatan kapasitas pengelolaan keuangan sekolah

Authors

  • Tuah Panjaitan Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Al-Azhar Medan, Indonesia
  • Ahmad Muhajir Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Al-Azhar Medan, Indonesia
  • Aryo Bimo Setya Permana Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Al-Azhar Medan, Indonesia
  • Muhammad Afif Herliandi Nasution Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Al-Azhar Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54123/deputi.v4i2.362

Keywords:

pendampingan, guru, pengabdian

Abstract

Pengabdian Kemitraan Masyarakat bertujuan meningkatkan kapasitas pengelolaan keuangan di SMP Muhammadiyah 48 Medan. Pengelolaan keuangan sekolah penting untuk mengklasifikasikan kebutuhan sekolah dan mempengaruhi operasional serta pendidikan. Metode yang digunakan adalah pembelajaran eksperimental dan studi kepustakaan mengenai manajemen dan penyusunan laporan keuangan, dengan penyampaian melalui ceramah dan diskusi. Guru-guru berpartisipasi aktif, terbukti dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Hasilnya, minat dalam penyusunan dan pengelolaan keuangan meningkat, serta kualitas pengaturan dan penyusunan laporan keuangan di sekolah juga meningkat

References

Manu, B. D., Zhang, H., Oduro, D., Krampah-Nkoom, A., Mensah, I. A., Anaba, O. A., & Isaac, A. (2019). School Board Efficiency in Financial Management and Human Resource in Public Senior High Schools: An Evidence from Ashanti Region, Ghana. International Journal of Social Science Studies, 8(1), 79. https://doi.org/10.11114/ijsss.v8i1.4556

Murwaningsari, E., Sofie, S., Rachmawati, S., & Rahayu, F. (2021). Pendampingan Pengelolaan Keuangan Dan Penyusunan Laporan Keuangan Sekolah Bagi Pemilik Sekolah Dan Pengelola Keuangan Sekolah Di Wilayah Bogor. Jurnal Abdikaryasakti, 1(1), 31–46. https://doi.org/10.25105/ja.v1i1.8938

Puyt, R. W., Lie, F. B., & Wilderom, C. P. M. (2023). The origins of SWOT analysis. Long Range Planning, 56(3), 102304. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2023.102304

Rekasari, M. H. (2020). Efektivitas Pengelolaan Keuangan Sekolah (Study Evaluativ Di SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan). Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 14(2), 83–91. https://doi.org/10.33369/mapen.v14i2.12870

Surendar, G., & Subramanya Sarma, V. V. (2018). Financial Literacy and Financial Planning Among Teachers of Higher Education-Astudy of Critical Factors of Select Variables Introduction. International Journal of Pure and Applied Mathematics, 118(18), 1627–1649.

Yizengaw, J. Y., & Agegnehu, M. A. (2021). Practices and challenges of school financial resource management implementation in Bahir Dar City administration of Ethiopia: A comparative study between government and private secondary schools. Cogent Education, 8(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.1884340

Zarate, P. B. (2015). Lifestyle and Financial Management of Public School Teachers. Liceo Journal of Higher Education Research, 11(1), 203–215. https://doi.org/10.7828/ljher.v11i1.901

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Panjaitan, T., Muhajir, A., Permana, A. B. S., & Nasution, M. A. H. (2024). Pendampingan Guru-Guru SMP Muhammadiyah 48 Medan dalam peningkatan kapasitas pengelolaan keuangan sekolah. Jurnal Derma Pengabdian Dosen Perguruan Tinggi (Jurnal DEPUTI), 4(2), 293–298. https://doi.org/10.54123/deputi.v4i2.362

Issue

Section

Articles